ads-unit

Rapat Kerja PCM Pedurungan

0
http://pcm-pedurungan.blogspot.co.id/. Ahad, 15 Muharram 1438 H atau bertepatan pada tanggal 16 Oktober 2016 Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang mengadakan Rapat Kerja Tahun Pertama pasca Pelantikan Pengurus Baru. Rapat Kerja PCM Pedurungan dihadiri oleh Penasehat PCM Pedurungan, Perwakilan dari PDM kota Semarang, Perwakilan dari Ortom Muhammadiyah, Ketua PRM se Kecamatan Pedurungan, dan paling utama para Pimpinan, Majelis dan Lembaga yang akan menyampaikan berbagai program kerja PCM Pedurungan selama 1 tahun ke depan.
Acara diawali dengan regristrasi oleh para peserta raker dan para undangan, kemudian dilanjutkan pembukaan. Pembukaan Raker PCM dimoderatori oleh saudara Rosyid Ridho, S.Pd. Disela-sela pembukaan para peserta raker dan para undangan dihibur oleh salah satu murid dari SD Muhammadiyah 08 Kota Semarang dengan menampilkan cerita Kisah Nabi Nuh AS yang diperintahkan membuat kapal oleh Alloh SWT. Acara rapat kerja PCM Pedurungan dibuka oleh PDM Kota Semarang yang pada kesempatan ini dilakukan oleh Prof. Dr. Kasmadi, M.Si. Sebelum membuka acara beliau memberikan sambutan dan menyampaikan bahwa rapat kerja ini merupaka rapat kerja yang paling awal dibandingkan dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang lain se Kota Semarang, bahkan  PCM Kecamatan Pedurungan mengawali Raker sebelum PDM Kota Semarang. Ini membuktikan bahwa para pengurus PCM Pedurungan yang baru sangat bersemangat dan antusias dalam mengemban amanah dan melaksanakan tanggungjawabnya.
Setelah pembukaan selesai kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian program kerja dari tiap majelis dan lembaga yang terdapat di PCM Pedurungan. Satu persatu majelis dan lembaga menyampaikan program kerja untuk satu tahun ke depan. Diawali dari jantungnya PCM Pedurungan yaitu Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus. Mengapa Majelis ini merupakan jantung dari PCM Pedurungan, tidak lain dan tidak bukan karena PCM Pedurungan merupakan wadah untuk berdakwah, baik untuk kalangan sendiri maupun kalangan umum. Program kerja selanjutnya disampaikan oleh lembaga Pengembangan Ranting. Lembaga Pengembangan Ranting merupakan lembaga yang mengurusi ranting Muhammadiyah se Kecamatan Pedurungan, mulai dari pembentukan ranting baru sampai dengan pengorganisiran ranting se Kecamatan Pedurungan. Program kerja selanjutnya disampaikan oleh Majelis Wakaf dan Kehartabendaan sebelum break untuk sholat berjama'ah dan makan siang. Majelis Wakaf dan Kehartabendaan merupakan majelis yang menangani wakaf dan harta benda yang dimiliki PCM Pedurungan mulai dari penyertifikatan tanah, gedung, dan mendatabasekan fasilitas PCM Pedurungan.
Program kerja selanjutnya disampaikan setelah Sholat Dzuhur dan makan siang oleh Kesekretariatan yang dalam hal ini disampaikan oleh saudara Eko Prayitno, S.Pd.I selaku Sekretaris II PCM Pedurungan. Selanjutnya dari Majelis Pendidikan Kader, majelis ini bertujuan untuk menyiapkan kader-kader penerus yang siap berjuang bersama PCM Pedurungan. Program kerja selanjutnya disampaikan oleh Majelis Kesehatan dan Sosial. Majelis ini yang berhubungan langsung dengan masyarakat umum untuk memecahkan segala permasalahan yang dihadapinya. Majelis Kesehatan dan Sosial selesai dilanjutkan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah atau sering dikenal dengan Majelis Dikdasmen. Majelis Dikdasmen merupakan majelis yang menangani bidang pendidikan terkhusus di sekolah Muhammadiyah yang ditangani oleh PCM Pedurungan. Permasalahan yang paling utama dalam majelis Dikdasmen adalah guru-guru yang mengajar di sekolahan Muhammadiyah masih sedikit sekali yang berkontribusi untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh PCM Pedurungan. Oleh sebab itu, permasalahan tersebut menjadi PR majelis Dikdasmen agar supaya kedepan seluruh guru dan karyawan berkontribusi serta memiliki rasa kepemilikan terhadap persyarikatan.
Program kerja yang akan disampaikan selanjutnya setelah majelis dikdasmen adalah dari majelis Pustaka dan Informasi. Program kerja yang dikedepankan oleh majelis Pustaka dan Informasi adalah pemanfaatan IT atau media elektronik dalam berdakwah maupun pemberian informasi. Selanjutnya penyampaian program kerja yang terakhir dari Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan. Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan mempunyai peranan penting dalam mensukseskan program kerja dari semua majelis dan lembaga PCM Pedurungan. Hal ini dikarenakan majelis Ekonomi dan Kewirausahaan mengelola masuk dan keluarnya keuangan di PCM Pedurungan. Program unggulan dari Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan adalah pengelolaan Koperasi Warga, Simpatisan Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (KAWAMA) dan LazisMu.
Dengan berakhirnya penyampaian program kerja dari tiap-tiap majelis dan lembaga PCM Pedurungan, berakhir pula acara Rapat Kerja PCM Pedurungan yang ditutup langsung oleh Ketua Umum PCM Pedurungan dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim dan doa kafaratul majelis bersama. Program kerja dari masing-masing majelis dan lembaga PCM Pedurungan yang sudah disepakati bersama dalam rapat kerja ini nantinya di tanfidzkan menjadi buku panduan PCM Pedurungan dalam melaksanakan kerjanya.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .